Minggu, 12 April 2015

Nama              : Muh. Rivaldi R
Nim                 : 31001200153
Fakultas         : Ilmu Komunikasi

Menganalisis Web Berita Online
1.      A. DetikCom
·         Content: Menurut saya website DetikCom sudah mengikuti aturan penulisan untuk web, karena tulisan dalam web tersebut singkat, padat, serta menggunakan lead yang sangat tepat, sehingga DetikCom menjadi salah satu pemberi bertita online yang terbaik, karena content-contentnya sangat menarik untuk dilihat.
·         Functionality: Secara functionality DetikCom sangat mudah diingat, karena DetikCom sering melakukan postingan dimedia social.
·         Navigation: DetikCom sangat mudah ditemukan, karena setiap kali mengapdate berita DetikCom pasti akan memostingnya juga dimedia social, sehingga mudah didapatkan. Dan kita hanya memerlukan satu kali Klik saja untuk menemukan content berita yang kita inginkan.
·         Audio/Video Quality:  Menurut saya sangat bermanfaat bagi para pembacanya untuk mengetahui secara langsung kondisi dilapangan. Kalau dalam web detik.com video dimuat dalam detik tv.
·         Interactivity: DetikCom juga melakukan interaksi dengan para pembacanya, karena menyediakan rubic komentar dan juga menyediakan rubic tanya jawab online, sehingga pembaca yang ingin mengetahui berita yang ia baca dengan detail, bisa langsung ditanyakan dimedia social seperti twitter dan facebook, sehingga pembaca merasa puas dengan mengunjungi DetikCom.
B. SUARAMERDEKA.com
·         Content: SUARAMERDEKA.com sudah mengikuti aturan-aturan dalam penulisan web, tulisan dalam web sudah singkat, padat dan jelas. Serta sudah menggunakan lead yang sudah tepat juga.
·         Functionality: SUARAMERDEKA.com sudah cukup mudah ditemukan seta namanya pun cukup mudah diingat, terlebih bagi penduduk semarang.
·         Navigation: Secara navigation content SUARAMEDRKA.com cukup mudah untuk ditemukan karena webnya telah menyajikan gambaran yang begitu mudah untuk di akses oleh pembacanya dengan cukup dua kali mengklik untuk menemuka apa yang kita cari secara lebih detail.
·         Audio/Video Quality: Menyediakan, dan sangat bermanfaat agar pembaca yang mungkin masih penasaran dengan beritanya bisa langsung menyaksikan beritanya secara lebih jelas.
·         Interactivity: SUARAMERDEKA.com juga menyediakan media untuk berhubungan dengan pembacanya, denga adanya rubic komentar dan rubic Tanya jawab via twitter, facebook, google+.
C. Tribun Jateng.com
·         Content: Berita yang dimuat oleh tribun news juga sudah sesuai dengan criteria penulisan di Web. Karena berita yang dimuat oleh tribun news penulisannya sudah menngunakan lead yang sesuai, cuman penulisan beritanya sedikit panjang.
·          Functionality: Situs web tribun news sangatlah mudah digunakan serta sangat mudah untuk di akses para pengkonsumsi berita.
·         Navigation: Untuk menemukan konten di tribun news ini sangatlah mudah karena webnya sangatlah simple dan cuku mudah untuk dimengerti bagi para pengunjung websitenya.
·         Audio/Video Quality: Tribun news juga menyediakan konten video tetapi tidak menyediakan konten audio. Konten video ini sangatlah bermamfaat bagi situs web berita karena bagi orang yang malas membaca dapat melihat secara langsung video berita tersebut.
·         Interactivity: Tidak lupa juga tribun news menyediakan rubic komentar serta rubic Tanya jawab untuk para pembacannya agar dapat secara langsung menilai berita yang dimuat oleh tribun news via twitter dan facebook.
2.      Menurut saya WEB yang saya analisis ini hampir mirip konten yang disediakan di miliki oleh situs web lain seperti, home, berita, video dan profil serta rubic komentar. Dan secara fungsi dari bagian dan jenis-jenis beritanya sudah cukup maksimal semua.
3.      Rekomendasi saya adalah mungkin warnah baground dari websitenya dibuat lebih indah lagi, karena itu merupaka salah satu daya terik sendiri bagi para pengunjung situs web mereka.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget