Kamis, 16 April 2015

ANALISIS THE END OF FORTRESS JOURNALISM DAN KAITANNYA DENGAN JURNALISTIK ONLINE

Arti dari kata The end of fortress adalah runtuhnya benteng dari seorang jurnalis. Abad ini disebut juga sebagai abad The End OF Fortress Journalism karena pada abad ini merupakan abad dari perkembangan New Media (Media Baru) atau sering disebut juga sebagai era digitalisasi.

Kaitannya dengan jurnalistik online adalah dengan hadirnya media digita atau media onlinel para jurnalistik saat ini sangat terbantu dengan hadirnya new media tersebut, dimana mereka bisa mencari berita dengan sesuka hati mereka dan menyebarluaskannya dimedia online. Akan tetapi era digitalisasi juga membawa dampak buruk karena jurnalistik online sudah tidak mempunyai batasan, karena siapapun bisa menjadi seorang jurnalis tanpa terkecuali. Sehingga pemberitaan di media online juga marak disalaha gunakan pada era digitalisasi.


PENGARUH KENVERGENSI MEDIA TERHADAP CARA KERJA SEORANG JURNALIS

konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Kata konvergensi ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi digital, integrasi teks, angka, gambar, video, dan suara. Dengan terjadinya konvergensi media cara kerja jurnalispun juga mulai berubah dan mengikuti new media. Karena media online dituntut untuk harus menyediakan berita yang actual.

Jadi, dalam hal ini kewajiban bagi seorang juranlis menguasai dunia online, sehingga kinerja yang dimilikinya tidak akan mengalami kemerosotan dan tidak terbilang ketinggalan zaman. Karena pada saat ini, dunia internet sudahlah sangat familiar diberbagai kalangan masyarakat. seorang jurnalis yang tidak mengerti atau bahkan tidak menguasai dunia online, maka bisa dibilang kinerjanya sangatlah tidak bagus atau tidak up to date. jika hal ini dipertahankan, maka akan mengalami suatu hal yang dapat merugikannya maupun media yang mempekerjakannya.


MANFAAT TRENDING TOPIC TWITTER, FACEBOOK, DAN BERAGAM SUMBER ONLINE LAINNYA BAGI SEORANG JURNALIS
Trending topic yang sumbernya berasal dari media online seperti twitter, facebook, dan media online lainnya sangat bermanfaat bagi seorang jurnalistik. Karena seorang jurnalis dapat menjadikan hal-hal yang sedang menjadi trending topic dimedia online sebagai bahan acuan untuk mendapatkan berita.
Trending topic yang sedang beredar di media sosial seperti twitter, facebook dan media online lainnya mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi dari mansyarakat karena adanya new media (media baru), sehingga trending topic sangat bermanfaat bagi seorang jurnalis untuk menentukan hal-hal yang harus mereka angkat sebagai berita dari mereka sendiri. Tetapi dengan adanya konvergensi media, seorang jurnalistik jadi merasa apa saja yang ada disekitar mungkin mengandung nilai berita dan dan mengaploadnya dimedia online tanpa adanya filter terlebih dahulu dari editor.

ANALISIS CITIZEN JOURNALISM SERTA KAITANNYA DENGAN PENDEKATAN MEDIUM IS THE MESSAGE

Fenomena Citizen Journalism sudah sangat besar dikalangan masyarakat, hal ini tidak terlepas dengan perkembangan media, dengan berkembangnya media, jurnalistik warga bisa menyampaikan pesan melalui wadah yang disediakan oleh media hingga pesan sampai kepada masyarakat.
Dengan hadirnya new media (media baru) sangat membantu dalam perkembangan dari Citizen Jounalism atau jurlistik warga. Dimana mereka bisa turut menjadi seorang jurnalis yang bisa menyampaikan hal-hal yang mengandung berita kepada masyarakat.



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget