Senin, 16 Maret 2015

Tugas Jurnalisik Online


Menurut analisis saya, jika dikaitkan dengan paradigma terminology medium is the message, maka media kenvensional atau media cetak kemungkinan akan mengalami pasang surut untuk 5 tahun yang akan mendatang, bagaimana tidak diera sekarang ini, atau era new media, media online atau TV memberikan informasi langsung dalam beragam bentuk dan juga dilengkapi dengan wajah.
Kalau kita melihat pada terminology atau atau biasa disebut dengan konsep atau isitlah. Dan dalam buku McLuhan Understanding: The Extensions of Man, McLukman mendefinisikan mengenai medium sebagai media pada umumnya, TV, Radio, Koran, dsb- dan message sebagai konten yang terkandung dalam media. Bagi McLuhan, konsep medium is the message berbicara tentang bagaimana semua karya dan inovasi yang merupakan perpanjangan tanga dari manusia (medium) mempengaruhi dan memeberi efek kepada masyarakat (message).     (https://septhiriachandra.wordpress.com/tag/medium-is-the-message/).

Dan dengan adanya perkembangan yang pesat dari teknologi yang mampu memberi pesan lewat medium, maka message akan tersampaikan dengan sangat jelas kepada masyarakat. Kitapun secara tidak sadar ikut mengalami efek dari perkembangan medium, dan bahkan menjadi actor yang berperan didalamnya melalui participatory culture. Semua hal ini dimungkinkan oleh perubahan teknilogi yang mempengaruhi bentuk medium kreasi manusia dan efeknya baik secara makro maupun mikro. Sehingga media konvensional yang hanya bias memberikan kalimat dan foto akan kalah laku dengan new media yang mapu menyampaikan pesan dengan lebih keren (modern).

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget